19 May 2015

Antara Sarang Udang Rebon, Belacan Sijok dan Kapal Kerok

Belacan (terasi) merupakan salah satu buah tangan khas dari Pulau Belitung. Olahan fermentasi hasil laut yang memiliki aroma dan cita rasa unik ini merupakan produk industri rumahan dari salah satu desa di Belitung, yaitu Desa Sijok.

Belacan sijok sangat terkenal dan di sukai hingga ke manca negara, memiliki rasa gurih beraroma harum yang sangat khas.Terasi Sijok dikemas dalam anyaman berbentuk keranjang kecil. Biasanya persediaan belacan ini musiman tergantung dari bahan baku.

Udang rebon merupakan media utama untuk membuat belacan. Habitat udang rebon secara umum biasanya hidup di tempat berpasir berada di sekitar muara sungai dengan tanah permukaan berstruktur sedikit berpalung, hidup bergerombol dalam jumlah yang sangat banyak.

Sekitar tahun 1969-1971 kapal keruk 11 sengkeli akan direnovasi dan direhabilitasi di sungai mempadin, kapal keruk tersebut semula beroperasi si perairan pring kelapa kampit, untuk kemudian bergerak ke arah barat menuju sungai mempadin.

Dalam perjalanannya kapal tersebut menghantam dan menghabiskan tempat bersarang serta berkembang biaknya udang rebon mulai dari ujung pantai sengkeli hingga ke muara sungai mempadin.

Dapat kita bayangkan kejadian dan kerusakan ekosistem habitat di laut sekitar 45 tahun yang lalu hingga saat ini belum dapat mengembalikan kondisi alam itu seperti semula.

Kini, Udang rebon sulit kita jumpai di muara sungai sijok dan sekitarnya. Kerusakan lingkungan ini merusak tatanan kehidupan nelayan udang rebon, sehingga mematikan usaha pembuat belacan sijok.

Sumber. Ruspandi dan berbagai sumber.